Clik Here

Selasa, 12 Juni 2012

Cara Masak Gulai Ikan - Resep

Cara Masak Gulai Ikan - Resep



Cara Masak Gulai Ikan - Setelah pada artikel sebelumnya postingan Cara Masak Opor Ayam , Cara Masak Daging Sapi,Cara Membuat Gado-Gado,dan postingan kali ini yang berisi Cara Masak Bebek akan menjadi sajian untuk anda semua,, semoga sajian kali ini menghiasi dapur tercinta anda semua.

Bahan: ( Resep Gulai Ikan )
500 gr ikan tongkol/kembung/kakap
1 liter santan dari 1 butir kelapa
1 batang serai, dimemarkan
25 gr daun kemangi
3 lembar daun mangkokan, iris kasar
2 buah bunga kecombrang, belah menjadi 2-4 (kalau ada)
1-2 potong asam gelugur/1-2 sdm air
asam
garam menurut selera

Bumbu yang dihaluskan:
75-100 gr cabai merah
6 buah bawang merah
2 sdt kunyit, dicincang
2 sdt jahe, dicincang
½ sdm lengkuas

Cara Membuat: ( Resep Gulai Ikan )
Bersihkan sisik ikan/kikis bagian kulit ikan sampai bersih, buang sirip, insang. Potong menjadi 2-3 tergantung dari besarnya ikan. Cuci dan tiriskan.
Didihkan santan, bumbu halus, serai, bunga kecombrang, daun mangkokan, asam gelugur, dan garam dalam panci di atas api sedang.
Masukkan ikan dan daun kemangi, masak sampai seluruhnya matang sambil sekali-sekali diaduk supaya santan tidak pecah. Siap dihidangkan.

Catatan: selain ikan, bisa juga dipergunakan ikan/cumi-cumi. Bila memakai cumi, sesudah cumi dipotong, campur dengan bumbu dan serai, letakkan di penggorengan, jerangkan di atas penggorengan, tutup, sampai air cumi habis. Baru masukkan bahan lainnya, beri petai utuh yang sudah dikupas (kalau suka).

Untuk 3-4 orang.

Demikian Postingan Kali ini Cara Masak Gulai Ikan , semoga berguna bagi anda semuanya,, dan untuk postingan berikutnya admin akan sajikan untuk anda semua, sekian dan terima kasih,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar